بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Siapa yang belum pernah mendengar produk CDMA keluaran BUMN telekomunikasi Indonesia alias PT.Telkom yang diberi brand FLEXI. Andaikan kalian ada yang belum pernah dengar, hahahahaha, bung ini tahun 2008, Flexi adalah pemain terbesar di CDMA Cellular, masa pada belum pernah denger sih ??
Okelah, terlepas belum dengar atau sudah, ku cuman pengen berbagi info aja. Makin hari makin aku perhatiin, Telkom kayaknya makin marah dan ga tau, entah meradang karena sudah terlalu banyak yang berusaha untuk menggempurnya dari segala sisi, atau mungkin memang mereka sudah memperhitungkan dan merencanakan dengan matang. Kampanye Iklan FLEXI yang bilang Cuman FLexi yang bisa kasih gratis meski jaman lagi krisis, nampaknya menarik banget buat kita bahas. Paket bicara 0 Rupiah ke seluruh operator, aku akuin berhasil secara signifikan menambah jumlah pelanggan Flexi, apalagi di Jabodetabek, sejak adanya program itu, denger-denger Flexi bisa memperoleh sekitar 100ribuan pelanggan baru. Mmmmhh, 100 ribu pelanggan baru ??
Tidak perlu terlalu heran siy aku pribadi, karena memang Indonesia yang cenderung akrab banget dengan promosi dan gimmick banting-bantingan harga. Syukur-syukur nanti ada operator yang bayar kita setiap kita melakukan panggilan. Atau jangan-jangan udah ada yah operator yang bilang MAU atau mengklaim dirinya BAIK YAH…
Dahsyat emang bener-bener dahsyat, persaingan dunia telekomunikasi makin sengit, pemain besar makin merasa tidak nyaman karena banyak semut kecil yang ingin berebut kue Telekomunikasi. Nah kalo udah seperti ini nyatanya hanya lah perusahaan yang jeli dan mau berinvestasi secara jangka panjang sajalah yang bisa bertahan, tidak hanya mengandalkan lapstick yang nonsense atau janji-janji di mulut saja.
Tebak punya tebak, saya memprediksi tahun depan pangsa pasar telekomunikasi akan mempunyai idola baru. Untuk kategori GSM, ku berani megang 3 (THREE) akan merangsek maju kedepan bahkan bisa jadi mengimbangi dominasi XL yang selama ini masih ada di urutan ketiga saja. Telkomsel dan Indosat masih terlalu digdaya buat digoyang.
Buat pasar CDMA, Flexi akan makin perkasa, Smart aku rasa tidak akan bisa bertahan lama, belum lagi Hepi-nya Mobile 8 Telecom, mungkin mereka hanya bisa sekedar tetap beroperasi dan meraih keuntungan sedapatnya. Ku menaruh mata buat Ceria nih, diam-diam sepertinya akan melakukan sesuatu nanti di tahun 2009, atau setidak-tidaknya pada tahun 2010. Esia-nya Bakrie, mmmhhh, ada ga yah kemungkinan bakalan diakuisisi oleh perusahaan Asing, secara mereka lagi kelimpungan buat nutupin utang-utang di perusahaan lainnya yang masih di bawah Bakrie Group.Lets see, bisa jadi TELKOM beli ESIA, jadi monopoli lagi dunk.
Hhaahahahahaha, selamat menikmati pertandingan antar provider di Indonesia yang makin seru dan makin edan.
Posting Komentar
Tata Cara Berkomentar Disini !
» Dilarang promosi Blog atau Artikel
» Silahkan Anda berkomentar sesuai dengan artikel
» Gunakan bahasa yang baik, sopan, dan sesuai etika berkomentar
» Komentar dapat berupa pertanyaan, masukan, pendapat, dll
» Jangan menebar SPAM
» Hindari Duplikat komentar
» Dilarang memakai kata PERTAMAXXX, KEDUAXX dan sebagainya karena ini FikrunaZone™ bukan KASKUS
Terimakasih - Admin FikrunaZone™